loading...

Subhanallah..! Pesantren Pencetak Santri Tahfidz Quran

Subhanallah..! Pesantren Pencetak Santri Tahfidz Quran

Pondok Pesantren yang terletak di Jalan Sulawesi, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut itu merupakan tempat pencetak hafiz-hafiz muda berbakat. Terlihat pada even Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII tingkat Provinsi Kalteng beberapa waktu lalu.
Di mana hampir seluruh cabang baik tahfiz Quran, tilawah dan tafsir Quran pemenangnnya didominasi oleh santri dari ponpes Hidayatul Insan.
Keberhasilan itulah yang mengantarkan lima orang santri untuk berangkat ke tanah suci Mekkah guna menjalankan ibadah umroh. Di mana keberangkatan tersebut dijembatani oleh gubernur Kalteng.
Ketua Yayasan Pondok Pesantren H Harmain Ibrohim memaparkan, generasi muda Islam harus dikembalikan kepada tuntunan hidupnya yakni alQuran. Makanya sedini mungkin harus sudah dididik untuk bisa membaca alQuran, menelaah dan mengerti makna alQuran.
Berkat perjuangan Harmain bersama dengan ustadz dan ustadzah yang mengabdi di sana, terlahirlah santir-santri yang hebat. Sehingga ketika digelarnya MTQ ke XXVIII tersebut, santriwan dan santriwati ponpes pimpinannya banyak memberikan kontribusi kepada masing-masing daerah tempat dia berasal.
Dijelaskannya, santri yang mondok di pesantren tersebut tidak hanya berasal dari Palangka Raya saja, melainkan dari kabupaten-kabupaten lain.
“Kebetulan yang mendapat hadiah umroh itu hanya lima santri yang berhasil menjadi juara satu. Baik untuk tilawah 5 juz, 10 juz hingga 20 juz. Merupakan perwakilan dari Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Barsel, Pulpis, Kapuas dan Kabupaten Gumas,” terangnya, Kamis, 23 Juni 2016.
Cabang yang paling banyak diikuti oleh santrinya sambung ustadz Harmain, adalah bidang tahfiz alQuran selain itu ada pula tilawah dan tafsir Quran. Sebab pusatnya hafiz Quran di Palangka Raya adalah di ponpes Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin.
Bahkan baru-baru ini pun, santri tahfiznya berhasil mewakili Kalteng untuk melaju di tingkat nasional bidang yang sama yakni perlombaan tahfiz. Di rencanakan bulan Oktober melancong ke Jakarta.
“Dari 14 orang yang kami kirim, 10 di antaranya memperoleh juara dan mewakili Kalimantan untuk bersaing pada tingkat nasional di Jakarta,” imbuhnya.
Hafiz-hafiz berkualitas itu tidak terlepas dari bimbingan ustadz Khairul Atqia SHI. Di mana saban hari para santri dibina untuk dapat menghafal alQuran, di samping juga mepelajari ilmu pendidikkan lainnya.
Dirinya mengaku bahagia sekaligus bangga dengan diberangkatkannya umroh kelima orang santri yang ikut berkontribusi dalam MTQ tersebut. Inilah ujar ustadz Khairul, bukti dari didikkan para ustadz dan ustadzah selama santri-santri berada di ponpes Hidayatul Insan.

“Anak yang sudah mendapat prestasi diharap tetap mepertahankan prestasinya. Terpenting hapalan tetap selalu terjaga. Sebab ini juga menjadi contoh bagi kawan-kawan generasi muda. Di saat yang lain mendalami hal-hal lain, santri kami difokuskan untuk medalami alQuran,” ucapnya.

Baca Juga: 









loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah..! Pesantren Pencetak Santri Tahfidz Quran"

Posting Komentar

close
kode