Do’a Orangtua Agar Anak Sholeh dan Sholehah

iklan
Do’a Orangtua Agar Anak Sholeh dan Sholehah

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang bermanfaat bagi orangtua dan sesamanya. Dan hal itu tentunya akan dimiliki oleh seorang anak yang sholeh ataupun sholehah. Tak hanya itu kelak jika orangtua meninggal dunia, do’a anak sholeh dan sholehahlah yang akan menjadi satu-satunya amalan yang terus mengalir.
Dari Abu Hurairah r.a berkata bahwa Rasulullah saw. telah bersabda, “Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus, kecuali dari tiga perkara, sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa kepadanya,” (H.R. Muslim).
Oleh karena itu, siapa orangtua yang tidak ingin memiliki anak sholeh dan sholehah? Jawabannya tidak ada. Namun, apakah anak dijamin menjadi sholeh dan sholeha? Sayangnya, tidak ada juga.


Hal yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan berdo’a sepenuh hati agar memiliki anak sholeh sholehah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu…,’” (QS. Al-Mu’min :60).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar), dan doa orang yang dizalimi,” (H.R. Abu Daud no. 1536). Untuk itu, para orangtua senantia memanjatkan do’a kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Berikut merupakan do’a-do’a yang terdapat dalam Al-Qur’an yang berkaitan dengan permintaan agar dikaruniai anak atau keturunan yang sholeh dan sholehah. Yaitu:

1. Doa Nabi Ibrahim as Meminta Anak Sholeh
“Robbi hablii minash shoolihiin.”

“Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh,” (Q.S. Ash-Shaffaat: 100).

2. Doa Nabi Dzakariya as Meminta Anak yang Baik
“Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.”

“Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa,” (Q.S. Ali Imron: 38).

3. Doa Meminta Kebaikan pada Anak dan Istri

“Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”

“Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,” (Q.S. al-Furqon: 74).

Do’a tersebut bisa dipanjatkan sesudah shalat fardu, ketika sujud, jeda antara adzan dan iqamah dan waktu-waktu mustajab lainnya. Wallahu a’lam.



Baca Juga:


0 Response to "Do’a Orangtua Agar Anak Sholeh dan Sholehah"

Posting Komentar