Bantu Aku Menghapus Dosaku Dengan Kasih Sayangmu Ibu..

Bantu Aku Menghapus Dosaku Dengan Kasih Sayangmu Ibu..

Bila kepada Ibu kita selalu berbakti, maka Allah sangat senang sekali, Dia akan membalas amal bakti kita dengan pahala yang amat besar sekalipun amal yang kita lakukan sangatlah kecil. Berbakti kepada orangtua merupakan salah satu sendi agama yang harus senantiasa diperhatikan, karena berbakti kepada orangtua bisa menjadi penebus dosa dan menambah keberkahan hidup. Imam Tirmidzi dan Ibnu Hibban menyuguhkan sebuah riwayat bersumber dari Abdullah bin Umar : Pada suatu ketika ada seorang lelaki datang menghadap Rasulullah Saw., Seraya berkata :

"Ya Rasulullah, aku telah melakukan dosa besar. Adakah taubatku masih bisa diterima ?" Rasulullah balik bertanya : "Adakah ibumu masih hidup ?" Jawabannya : "Tidak, aku sudah tidak memiliki orangtua." Lantas Rasulullah kembali bertanya : "Adakah kamu masih memiliki bibi (saudara perempuan ibu)?" Jawabnya : "Ya, masih." Kemudian Rasulullah bersabda : "Sebagai tebusannya, berbaktilah kepada bibimu. " Dalam pandangan Islam, khalah (bibi) kedudukannya adalah sama dengan Ibu.

Ibnu Abbas pada suatu ketika bercerita kepada Atha' bin Yasar, bahwa ada seorang lelaki datang menghadap kepadanya. Lelaki itu bertanya : "Ya Ibn Abbas, aku telah melamar seorang wanita jelita. Tetapi dia menolak lamaranku. Pada saat yang lain dia dilamar lelaki lain, dan lamaran itu diterima.

Hal tersebut membuat hatiku kalut dan cemburu, sehingga wanita itu aku bunuh. Ya Ibn Abbas, masihkah terbuka pintu taubat bagiku ?" Ibnu Abbas lalu bertanya : "Adakah Ibumu masih hidup ?" Jawabnya : :Tidak, ibuku sudah meninggal." Selanjutnya Ibnu Abbas berkata : "Bertaubatlah kepada Allah dan bertaqarrublah kepadaNya dengan semaksimal mungkin." Dalam kisah tersebut ditegaskan, bahwa kemudian Atha' mengajukan pertanyaan kepada Ibnu Abbas : "Mengapa kamu menanyakan apakah ibunya masih hidup atau sudah meninggal ?" Jawab Ibnu Abbas : "Aku belum pernah mengetahui suatu amalan pun yang lebih mendekatkan diri kepada Allah selain daripada berbakti kepada ibu." Keterangan ini juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam Kitab Al-Adahul-Mufrad, dan oleh Imam Baihaqi dalam kitab Syu 'abul-Imam.


Jadi, berbakti kepada orangtua, pada dasarnya dapat melebur dosa besar. Ini sejalan dengan riwayat yang dinuqil Imam Safarini dalam kitab Syarah Manzhumatil Adab yang bersumber dari Imam Ahmad. Yakni berbakti kepada orangtua dapat melebut dosa - dosa besar. Dalam Imam Ahmad menegaskan, bahwa keterangan ini berdasarkan apa yang dituturkan oleh Imam Ibnu Abdil-Bar dari Makkhul.

Nah, buat sobat yang masih mempunyai Ibu maka bersyukurlah selalu karena kalian masih bisa mendapatkan Doa darinya dan Doa ibu merupakan Doa yang hebat dan Doa seorang Ibu bahkan dikatakan lebih hebat dari pada Doa seribu para Ulama.



Baca Juga:

0 Response to "Bantu Aku Menghapus Dosaku Dengan Kasih Sayangmu Ibu.."

Poskan Komentar