loading...

Subhanaallah Inilah Pekerjaan yang Halal Menurut Rasululloh, Ini Alasannya...


Untuk bisa bertahan hidup manusia harus bekerja untuk bisa mendapatkan uang. Manusia juga harus memperhatikan mengenai apa yang dikerjakannya untuk bisa mendapatkan uang. Aktivitas pekerjaan yang dilakukan haruslah aktivitas yang halal dan juga baik. Hal ini dikarenakan uang yang dihasilkan dari aktivitas pekerjaan yang haram tentunya tidak akan mendatangkan berkah bagi orang yang mengonsumsinya. Tidak hanya sekedar halal, pekerjaan yang dilakukan sebaiknya juga merupakan pekerjaan yang direkomendasikan oleh Rasulullah SAW. Hal ini sesuai dengan perintah Allah yang menyatakan bahwa umat Islam harus hidup dengan berpedoman kepada Al-Qur’an dan juga Hadits yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Menurut Rasulullah SAW, setidaknya ada dua jenis pekerjaan yang tergolong ke dalam pekerjaan terbaik yang bisa dilakukan oleh umat manusia, antara lain yaitu:

1. Setiap Pekerjaan Selain Meminta – minta
Menurut Rasulullah SAW, pada dasarnya setiap pekerjaan merupakan pekerjaan yang terbaik selama semuanya dilakukan dengan berlandaskan kemampuan yang dimiliki diri sendiri dan bukan dengan jalan meminta – minta. Hal ini senada dengan Hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Baihaqi dan Al Hakim yang artinya : Rasulullah SAW ditanya, “Pekerjaan apakah yang paling baik?” Beliau menjawab “Pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan semua pekerjaan yang baik.” (HR. Baihaqi dan Al Hakim).

2. Perniagaan
Selain mengatakan bahwa pekerjaan terbaik merupakan setiap pekerjaan yang dilakukan dengan tangan sendiri selain meminta – minta, Rasulullah juga menyatakan jika pekerjaan terbaik yang lainnya adalah aktivitas perniagaan atau pun perdagangan. Hal ini diutarakan oleh Rasulullah SAW melalui Hadits yang diriwayatkan oleh Al Bazzar dan Tabrani yang artinya : Nabi SAW ditanya tentang pekerjaan yang paling utama. Beliau menjawab, “Perniagaan yang baik dan pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri”. (HR. Al Bazzar dan Thabrani dalam Al Mu’jam Kabir).

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sepajang hidupnya sebelum menjalankan aktivitas kenabiannya, Rasulullah SAW merupakan seorang pedagang unggul yang menjajakan dagangannya di seluruh penjuru jazirah Arab.

Bahkan, dari hasil perniagaan yang dilakukannya, Rasulullah berhasil menjadi salah satu saudagar kaya yang dikenal dengan sifatnya yang jujur. Oleh karena itu, sebagai pengikut ajarannya, sudah sepatutnya kita mengikuti jejak kehidupannya dalam mencari rezeki dengan jalan berniaga atau pun berdagang.

Baca Juga:

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanaallah Inilah Pekerjaan yang Halal Menurut Rasululloh, Ini Alasannya..."

Posting Komentar

close
kode