loading...

Bagi Kamu yang Belum Tau, Ini Alasan Mengapa Kita Harus Sembunyikan Amal Ibadah…

Bagi Kamu yang Belum Tau, Ini Alasan Mengapa Kita Harus Sembunyikan Amal Ibadah…
"Amal ibadah kan baik dan mendapat pahala, kenapa harus disembunyikan"!. Kan ibadah itu niatnya baik kok harus disembunyikan. Emangnya ada yang salah. Jangan salah paham dulu, simak penjelasannya menurut islam:

Ayyub As-Sikhytiyani (wafat 131H) pernah memberikan satu nasihat yang sangat berharga dalam perbahasan ini. Beliau berkata:

ليتق الله الرجل، فإن زهد فلا يجعلن زهده عذابا على الناس، فﻷن يخفي الرجل زهده خير من أن يعلنه

“Seorang lelaki hendaklah bertaqwa kepada Allah. Jika dia hidup dengan zuhud, janganlah dia menyebabkan orang lain merasakan kesengsaraan daripada zuhudnya itu.
Dia menyembunyikan zuhudnya itu lebih baik daripada dia menzahirkannya. [Lihat: Siyar A’lam Nubala 16/15-26]

Perkataan beliau ini dilaksanakan oleh beliau sendiri. Sallam memberitahu: Ayyub melakukan qiyamullail sepanjang malam tetapi beliau menyembunyikan qiyamullailnya itu. Apabila dekat waktu Subuh, beliau mengangkat suara, seolah-olah beliau baru bangun dari tidur.

Abu Hazim Salamah bin Dinar (wafat 140H) berkata:

اكتم حسانتك كما تكتم سيئاتك
“Sembunyikanlah amalan kebaikanmu sebagaimana kamu menyembunyikan perbuatan jahatmu” [Lihat: Siyar A’lam Nubala 6/96-103]

Al-Khatib Al-Baghdadi meriwayatkan dalam Tarikh Baghdad 10/200 bahawa Abdul Rahman bin Abi Laila melakukan solat (sunat) di rumahnya. Jika ada orang masuk ke rumah, beliau akan berteleku di tilamnya (seolah-olah dia sedang berehat).

Untuk itu jangan pernah kamu umbar saat kamu beribadah. Karena ibadah itu hubungan manusia dengan Allah. Beribadahlah hanya untuk Allah semata jangan hanya mengharapkan sesuatu saja. Semoga bermanfaat





Baca Juga:
Masyaallah… Hanya Karena Sebutir Kurma, Doa Nabi Ibrahim Tertolak Sampai Empat Bulan…

Subhanallah…Ummi Pipik Merinding Lihat Angelina Sondakh, " Hafal 15 Juz itu Masya Allah, Saya aja Belum Tentu"
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagi Kamu yang Belum Tau, Ini Alasan Mengapa Kita Harus Sembunyikan Amal Ibadah…"

Posting Komentar

close
kode