loading...

Subhanallah…Ternyata, Baca Doa Memakai Pakaian Bisa Ampuni Dosa Masa Lalu…

Subhanallah…Ternyata, Baca Doa Memakai Pakaian Bisa Ampuni Dosa Masa Lalu…

Agama islam mengatur segala aspek kehidupan. Termasuk hal-hal kecil seperti ketika memakai pakaian. Ada adab dan aturan yang harus diterapkan. Salah satunya adalah membaca doa ketika berpakaian.

Meski sebenarnya sangat mudah, namun tidak banyak umat Islam yang berdoa saat memakai pakaian. Ada yang karena buru-buru, tidak hapal lafadznya serta berbagai alasan lainnya. Padahal begitu banyak faedah dari aktivitas memohon kepada Allah ini.

Ternyata membaca doa sebelum memakai pakaian dapat mengampuni dosa-dosa masa lalu.   Sehingga sangat disayangkan sekali jika kita tidak membacanya ketika akan mengenakan baju.  Lalu seperti apa doanya? Berikut ulasannya.

Rasulullah SAW menjelaskan dalam hadist yang diriwayatkan Ibnu as-Sani. Disebutkan dalam kitab al-Adzkar, dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah SAW bersada yang artinya:

Barang siapa yang mengenakan pakaian baru lalu membaca,

Alhamdulillahilladzi kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin

Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rezeki kepadaku tanpa daya dan upaya dariku), (maka) Allah Ta’ala mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Ibnu as-Sani)

Adapula doa saat memakai pakaian biasa.


Bismillaahi Alloohumma Innii As-Aluka Min Khoirihi Wa Khoirii Maa Huwa Lahuu Wa'a'uudzu Bika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu

Artinya:
Dengan nama-Mu ya Allah akku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yanag ada padanya

Inilah keuntungan menjadi Muslim, setiap kegiatan yang diawali dengan doa yang baik maka berbuah pahala dan dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Setelah membaca doa ini, sebaiknya kita memastikan bahwa apa yang kita kenakan sesuai dengan tuntunan Alquran.

Hai, anak Adam! Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik." Yang demikian itu adalah sebagaian dari tanda-tanda Kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS Al A’raf : 26).

Demikian artikel tentang Doa Memakai Pakaian. Semoga informasi ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, berpakaian memang menjadi aktivitas rutin yang kita lakukan. Sehingga akan semakin banyak ladang amal kita untuk menghapus dosa-dosa.






Baca juga : 




loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah…Ternyata, Baca Doa Memakai Pakaian Bisa Ampuni Dosa Masa Lalu…"

Posting Komentar

close
kode