loading...

Masyaallah...Inilah 5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Arab


Masyaallah...Inilah 5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Arab
seperti yang kita ketahui Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an dan juga bahasa yang kita gunakan sehari-hari untuk beribadah. Mungkin ada sebagian orang yang berpikir bahwa belajar Bahasa Arab tidak jauh lebih penting daripada belajar Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Tapi Sahabat Ummi, ternyata ada beberapa alasan pentingnya belajar Bahasa Arab lho. Berikut 5 alasan pentingnya belajar Bahasa Arab.
1. Belajar Bahasa Arab adalah bagian dari agama
Ibnu Taimiyah rahimahullah menyatakan tentang hukum mempelajari bahasa Arab,
وأيضا فإن نفس اللغة العربية من الدين ، ومعرفتها فرض واجب، فإن فهم الكتاب والسنة فرض، ولا يفهم إلا بفهم اللغة العربية، وما لا يتم الواجب إلا به فهو واجب .
Dan juga perlu dipahami bahwa bahasa Arab itu sendiri adalah bagian dari agama. Mempelajarinya adalah fardhu wajib. Karena untuk memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah itu wajib. Memahaminya tidaklah bisa kecuali dengan memahami bahasa Arab. Sedangkan kaedah menyatakan, ‘Sesuatu yang wajib yang tidak bisa terpenuhi kecuali dengannya, maka itu dihukumi wajib.’ Kemudian untuk mempelajarinya tadi, ada yang hukumnya fardhu ‘ain dan ada yang hukumnya fardhu kifayah.” (Iqtidha’ Ash-Shirath Al-Mustaqim, 1: 527)
2. Dengan memahami Bahasa Arab, akan mudah pula memahami Al-Qur’an
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,
وَكَذَٰلِكَ أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا وَصَرَّفْنَا فِيهِ مِنَ الْوَعِيدِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ أَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْرًا
“Dan demikianlah Kami menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka.” (Q.S. At-Thaha:113)
Dengan kita memahami Bahasa Arab, kita akan mudah menghafal Al-Qur’an dan lebih mudah pula memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur’an. Begitu juga dengan menghafal, memahami hadits Rasulullah.
3. Lebih memahami Islam
Dengan kita mempelajari Bahasa Arab, kita akan paham mengenai makna dari suatu ayat dan kaidah-kaidah dalam ilmu nahwu yang semakin mudah untuk memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali. Apalagi jika tugas seseorang sebagai penyampai dakwah, seperti seorang da’i, kyai atau ustadz, tentu lebih penting lagi mempelajarinya agar mudah memberikan pemahaman agama yang benar pada orang banyak.
4. Bahasa Arab adalah bahasa yang mulia dan menentramkan hati
Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia. Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan,
فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه
“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”
Selain menjadi bahasa yang paling mulia, Bahasa Arab juga dapat menentramkan hati dengan kelembutan bahasanya. Ibnu Katsir saat menjelaskan surat Yusuf ayat kedua menyatakan,
لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس
“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”
5. Bahasa Arab adalah bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia
Allah berfirman dalam surat Az-Zumar ayat 28 bahwasannya,
قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
“(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.”
Dalam surat lain disebutkan,
وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا
“Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du: 37). Disebutkan dalam Tafsir Al-Jalalain, bahasa Arab digunakan sebagai hukum di tengah-tengah manusia. Dalam Zaad Al-Masiir disebutkan bahwa bahasa Arab bisa digunakan untuk menerangkan hukum-hukum yang wajib.
Itulan 5 alasan pentingnya belajar Bahasa Arab. Semoga Allah memudahkan kita untuk mempelajari Bahasa Arab ya



Baca Juga:

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masyaallah...Inilah 5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Arab"

Posting Komentar

close